Selasa, 21 April 2015

riset varibael sosiologis SALINA (UTS)



Persepsi Konsumen Kaum Muda
Terhadap Makanan Cepat Saji

Pendahuluan

Berkembangnya globalisasi tidak hanya berpengaruh besar terhadap informasi dan teknologi namun juga mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan individu dalam mengkonsumsi makanan. Pola konsumsi makanan cepat saji(Fast food) tidak hanya popular di negara-negara barat namun juga menjadi budaya dan gaya hidup masyaraka t masa kini. Kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan import terutama jenis makanan siap saji semakin besar terutama di kalangan generasi muda dan kelompok masyarakat ekonomi kelas menengah dikota-kota besar.Fast food adalah makanancepatsaji yang dikonsumsisecarainstan.Fast food memilikicirikandungangizitidakseimbang.Kebanyakanmengandungkaloritinggi, tetapisangatrendahserat.Juga, tinggikandunganlemak (termasukkolesterol), guladangaram(Hermina, 1997).

Dari hasilpenelitianHealth Education Authority, usia 15-34 tahunadalahkonsumenterbanyak yang memilih menu fast food.Keadaantersebutmenunjukkanbahwarentangusiatersebutadalahgolonganpekerjadanpelajar(2Erdiawati Arief,2011).Perilakukonsumenmerupakantindakan yang dilakukankonsumengunamencapaidanmemenuhikebutuhannyabaikuntukmengunakan, mengonsumsimaupunmenghabiskanbarangdanjasatermasuk proses keputusan yang mendahuluidan yang menyusul.

Menurut Engel et al(2006) perilakukonsumenperludipahamiolehprodusenataupemasar, karenaperilakubeliadalahwujudkekuatantawar yang menjadikekuatankompetitif yang menentukkanintensitaspersaingandanprofitabilitasperusahaan.Selainituanalisiskonsumensebagaisalahsatulandasanbagimanagemenpemasaranuntukmelakukansegmentasipemasaran, analysis lingkunganperusahaan, mengembangkanprodukdaninovasibarudanmemberikanpemahamandanpengetahuanperilakumanusiasecaraumumdanperilakukonsumendapatmenambahkemampuanpribadiseseoranguntukmenjadikonsumen yang lebihefektif.

BeberapaFaktor-faktor yang mempengaruhikonsumenadalah
·         Faktor psikologis mencakup persepsi, motivasi, pembelajaran, sikap dan kepribadian. Konsumen belajar dari pengalaman, baik sendiri maupun dari orang lain, setelahmembelidanmengkonsumsiproduk, konsumenakanmerasapuasdantidakpuas, jikapuaskonsumenakanmembelikembalidanjikatidakpuastidakakankembalilagi.
·         Faktorsituasionalyaknikeadaansaranandanprasaranatempatbelanja, waktuberbelanja, penggunaanprodukdankondisisaatpembelian(sehat, senang, sedih, kecewa)
·         Faktorsosialsepertikeluarga, kelompokrerefensi, kelassosialdanbudaya.
Saatini, berbagaimacammakanancepatsajiberadadimana-manadanmakinbanyakditawarkankepadamasyarakat.Makanancepatsajimerupakanmakanan yang mengandungtinggikalori, tinggilemakdanrendahseratdanbanyakmengunakan bah
Kimia perasa.Umumjenismakanancepatsaji yang disediakansepertiFried chicken, burger, Pizza, spaghetti, sandwichdankentang goring.Menurut data PT Fast foodIndTbk, perkembangan KFC(Kentucky fried chicken) di Indonesia mengalamipeningkatandari 164 di tahun 2000 menjadi 211 padatahun 2004 di seluruh Indonesia dan paling banyak di pulaujawayakni 132 outles (EviHeryanti, UI 2009). Jenismakanancepatsajisudahmenjadikebiasaandikonsumsipadawaktumakansiang, makanmalamdanjugadiwaktusantai.

Tujuan Survey

Tujuandari survey adalahmemhamipengaruhinformasinutrisidanbahanmakanancepatsajiterhadaptingkatkonsumsikalanganmudaterhadapmakanancepatsajidanmencaripeluangbisnisuntukrestoranmakanancepatdenganmengunakanbahan-bahan organic. Survey bertujuan:
·         Mengetahuisejauhmanatingkatkesadarankonsumenkalanganmudatentangnutrisidanbahanmakananacepatcepatsaji
·         Memahamisejauhmanatingkatminatkonsumenkalanganmudaterhadappembelianprodukmakanancepatsaji
·         Memhamisejauhmanatingkatpengetahunkonsumententangefekdarikonsumsimakanancepatsaji

RumusanMasalah

Permasalahan yang akan di analisadalamrisetterhadapperilakukonsumenterhadapmakanancepatsajiadalah
·         Apakahdenganmengembangkanbisnismakanancepatsajidenganmengunakankonsepnutrisidan organic dapatmeningkatkannilaijual?
·         Apakahmerekdanhargamempengaruhitingkatpermintaankonsumenkalanganmudaterhadapmakanancepatsaji?
MetodelogiRiset

Data diambildarihasilkuesioner yang dibagikankepadakalanganmuda yang tinggaldidaerahseturan.Sumber data jugadiambildaribeberapahasilpenelitian di Internet berupadasarteoridananalisis data yang mendukunhasil survey.Pengambilansampelpenelitianadalankonsumen(responden) didaerahSeturanberjumlah 30 orang. Sampeldiambilsecaraacak, siapasaja yang menjadikonsumendanberadadipasarterutamakalanganmudamerupakanpeluangbesardan target pasardandijadikansebagairesponden.

PembahasanHasilPenelitian

Kebiasaankaummudadalammemilihjenismakanantidakberdasarkanpadainformasigizidanefekpenyakit yang akandidapatdarikonsumimakanansiapsajinamunlebihdipengaruhiolehgayahidup modern danlingkungansekitarnya. Golonganmudamerupakankelompok yang paling mudahdipengaruhiolehbudayadariluar, pengaruh yang terjadibukanhanyapenampilanfisiknamunjugapadaperubahanpolakonsumsimakan.Menurutpemikiran Robert dan Williams(2000) menyebutkankebiasaanmakandanpilihanremajalebihkompleksdandipengaruhiolehbanyak factor sepertifisik, sosial, lingkunganbudaya, lingkunganpertemanan, keluargadan media serta factor psikolgis.

Perubahandemogrfi yang menjadi trend sosialsaatini, meningkatkanpermintaankalanganmudadanpekerjaterhadaprestoranmakanancepatsaji. Hal inimenjadipeluangbagipengusaharestorancepatsajiuntukmenambahcabang-cabangbaru, disaatyang samamenjaditantanganbisnisbagirestoran yang mengunakankonsepbahan-bahan organic. Factor-faktoreksternal yang telahdiuraikantidakbisadikendalikanolehperusahankarenaberadadiluarkendaliperusahaan.Hal inibisadilihatsebagaipeluangdanjugaancamanbagiperusahaanuntukmenwujudkanvisi, misidantujuanperusahaan. Perusahaan dapatmengembangkanstrategitepatdansesuaidengansituasiperubahanlingkungan


Kesimpulanpersepsikonsumententangpengaruhmerek, harga, informasitentanggizidanbahanmakananserta, efekpenyakitterhadapkonsumsimakanancepatsaji


Cases
Valid
Missing
Total
N
Percent
N
Percent
N
Percent
JenisKelamin * Merekmempengaruhipilihanterhadapmakanancepatsaji
30
100.0%
0
0.0%
30
100.0%
JenisKelamin * Hargamakanancepatsaji, mempengaruhipilihanmemilihrestoranmakanancepatsaji
30
100.0%
0
0.0%
30
100.0%
JenisKelamin * Mengetahuiinformasitentanggizidanbahandisetiapmakanancepatsaji
30
100.0%
0
0.0%
30
100.0%
JenisKelamin * Efekpenyakitdarikonsumsimakanancepatsaji
30
100.0%
0
0.0%
30
100.0%
JenisKelamin * Mengetahuimakanmakanancepatsajimenyebabkanobesitas
30
100.0%
0
0.0%
30
100.0%


Dibawahdapatdilihatinformasisecaraspesifipersepsikonsumenberdasarkanjeniskelamin:

Dari hasil survey menunjukkantidakperbedaan yang signifikanantaraperempuandanlaki-lakidikalanganmudatentangpengaruhmerekterhadappilihanmakanancepatsaji.Mayoritassetujumerekmempengaruhipilihankonsumsimakanancepatsaji


Selainitu, antaraperempuandanlaki-lakimemilikipersepsi yang samabahwahargamakanancepatsajimempengaruhipilihanmakanmakanancepatsaji.

Sebagianbesarperempuandanlaki-lakitidakpernahmengetahuiinformasitentanggizidanbahandisetiapmakanancepatsaji

Mayoritasperempuandanlaki-lakisadarakanefekpenyakitdarikonsumsimakanancepatsajiadalahobesitas.
Kesimpulan data menunjukkanbahwapenelitiandariberbagaikalangan yang telahdipublikasikanmelaluijurnalpenelitiandisetiapuniversitas, kebenaranmasihtetapsama. Budayadangayahidup modern masihmempengaruhipilihankalanganmudadalamkonsumsimakanankhususnyamakanancepatsaji. Pilihandidasarkanpada factor lingkunganeksternal, sosialdanpsiklogis.Informasiakankualitasbahanmakananyakninutrisitidakpernahtahunamundiwaktusama, kalanganmudasadarefekdarikonsumsimakanancepatsajiyakniobesitas. Pengetahuantersebutbisamenjadisalahsatupeluanguntukmengembangkanbisnismakanancepatsajidenganmengunakankonsepkesahatandandisesuaikandengankebutuhankalanganmuda.Menu yang mengurangiobesitasdantidakmenambahkegemukanmemilikidayaserat.

DaftarPustaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar