Senin, 06 April 2015

PENGALAMAN SEBAGAI PELANGGAN ORIFLAME



I.Introduksi

Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk membuat para pelanggannya loyal. Namun, pembelian kembali secara berulang hanya akan terjadi jika pelanggan memiliki perasaan positif yang kuat terhadap merek, melibatkan kondisi psikologis yang mengikat pelanggan dengan merek.Pelanggan yang terlibat secara emosional akan lebih stabil dan siap mengorbankan keuangannya untuk mengonsumsi merek tersebut.

Keterikatan emosional membutuhkan lebih dari sekadar kepuasan. Emosi adalah faktor yang mendasari pengalaman pelanggan. Ketika pelanggan membeli, entah itu membeli secangkir kopi, rumah, mobil, atau liburan semuanya adalah tentang emosi.

Konsumen memiliki pengalaman dengan merk tertentu ketika mereka ter-ekspos pada beberapa stimuli yang terkait dengan merk tersebut, misalnya warna (misal: Meyers-Levydan Peracchio, 1995), bentuk (Veryzer dan Hutchinson, 1998), jenis huruf yang digunakan(Mandel dan Johnson, 2002), slogan atau maskot (Keller, 1987) maupun ketika merekasedang membeli maupun mengkonsumsinya. Hal tersebut yang mendasari Brakus dkk.(2009) mengajukan konsep brand experience (pengalaman merk) dan mendefinisikannya sebagai tanggapan subyektif (sensasi, perasaan, dan pikiran) dan perilaku konsumen yang ditimbulkan oleh stimuli yang terkait dengan suatu merk berupa desain dan identitas (nama,logo, kemasan dan komunikasi (brosur, websites), maupun lingkungannya (toko yangmenjual). Lebih lanjut, Brakus dkk. (2009) mengoperasionalkan konsep tersebut menjadi 4 dimensi, yakni sensory (indrawi) ,affective (afektif), behavioral (perilaku), dan intellectual  (intelektual).

II.Tujuan

Untuk  mendeskripsikan pengalaman pelanggan oriflame serta mendeskripsikan kepuasan pelanggan.

III.Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara berhubung yang diwawancarai 1(satu) orang serta memberikan gambaran secara mendalam dan menyeluruh tentang pengalaman pelanggan dalam membeli produk oriflame.

IV.Hasil Riset

Dalam sebuah perusahaan terdapat berbagai jenis  barang yang dibutuhkan pelanggan salah satunya dalam membeli produk kosmetik seperti foundation, parfum,body lotion, lipstik, eyeliner, maskara, sabun, sampo, semir rambut dan lain sebagainya.  Produk diatas tadi terdapat pada salah satu perusaan oriflame. Oriflame adalah perusahaan Direct Selling / MLM kosmetik.
Dengan adanya berbagai ragam produk tersebut menyebabkan pelanggan harus berfikir kritis dalam menentukan pilihan produknya, sehingga produsen berusaha  bersaing untuk merebut minat pelanggan.
Dea Fika salah satu pelanggan setia Oriflame yang ada di JL. Diponegoro, No. 58, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Oriflame telah menjadi perusahaan kecantikan internasional dengan sistem penjualan langsung di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.
Perusahaan oriflame sangat menarik perhatian Dea karna adanya reward-reward untuk para konsultan yang setiap bulannya selalu ada bahkan dalam 1 tahun diajakin liburan ke luar negeri yang levelnya udah tinggi. Tidak hanya jalan-jalan motor,mobil pun dikasih.Bulan Agustus depan bakal diajakin liburan sama oriflame le London dan setiap tahunnya negara yang akan dikunjungi beda-beda.
Pelayanan oriflame itu perfect misalnya melayani pelanggan dengan ramah. Dalam membeli produk bisa online bisa juga offline(datang ke kantor) setelahnya pelanggan atau konsumen bakal di kasih web gratis untuk fasilitas pelanggan dalam menawarkan oriflame ke yang lain.Harga produknya oriflame juga sesuai dengan kualitas produk yang diberikan. Oriflame juga mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia.
Yang paling disukai Dea  produknya oriflame itu lipstiknya pure colour warnanya natural.  Selain itu Dea juga sangat suka dengan kemasan produknya  dimana plastiknya bisa di daur ulang jadi tidak global warning dan produknya juga mengikuti modern life style. Pihak karyawan pun selalu cepat dan tanggap ketika mengalami masalah dengan pembelian produk sehingga tidak saling merugikan satu dengan yang lain. selain itu produk berdasarkan bahan-bahan alami dan tidak pernah diuji pada hewan. Dea sangat puas terhadap penawaran-penaran yang diberikan oriflame.

Sumber:

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2009-2-00372-MN%20Bab%202.pdf





Tidak ada komentar:

Posting Komentar