Senin, 01 Juni 2015

Laporan : Bursa Mobil TVRI Yogyakarta


Introduksi

Dewasa ini penggunaan kendaraan bermotor khususnya mobil sangat meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin berkembangnya jasa penjualan mobil yang ada di kota Yogyakarta. Salah satu contoh jasa penjualan mobil yang ada di Yogyakarta yaitu bursa dagang TVRI Yogyakarta. Bursa dagang TVRI Yogyakarta sendiri bertempat di jalan Magelang, Yogyakarta. Di bursa dagang tersebut terdapat berbagai macam mobil bekas yang diperjualbelikan. Penjualan di bursa dagang tersebut yaitu mobil dari model yang baru sampai mobil yang sudah lama dengan berbagai jenis merk, kualitas dan tahun keluar mobil. Para calon pembeli yang datang biasanya membandingkan kualitas mobil dan harga mobil terlebih dahulu. Penjualan dilakukan setiap hari minggu.

Tujuan

Untuk mengetahui mobil trend apa yang sedang dicari serta alasan mencari mobil tersebut dan harga dalam pemasaran mobil tersebut.

Metodologi Penelitian

Dalam praktikum ini metode yang digunakan adalah observasi yang dimana teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengamatan yang dilakukan di Bursa mobil TVRI Yogyakarta, Alat pengumpul data yaitu wawancara dan pengamatan ini dilakukan pada :
hari minggu 31 Mei 2015 di Bursa Mobil TVRI Yogyakarta di Jalan Magelang Km 4,5 Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Objek penelitian

Penjual dan pengunjung bursa mobil TVRI Yogyakarta.

Hasil Penelitian

Penjual Mobil
Untuk mobil yang dicari sekarang Niaga mulai dari FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks. karna udah memasuki bulan ramadhan biasanya konsumen mencari yang bisa memuat banyak orang karna pergi ke luar kota. Untuk harga dipasaran pun sangat menyusaikan dimulai dari 100.000.000 juta.
Pendapat konsumen sendiri mengatakan hal serupa. dia mencari mobil niaga karna keperluan untuk bulan ramadhan. Harga yang ditawarkan pihak penjual pun udah sesuai dengan jenis,merk dan kapasitas mobilnya. dan tergantung juga dengan pendapatan ataupun kelas konsumen itu sendiri.
selain itu, untuk mempromosikan usaha jual-beli mobil ini menggunakan sosial media seperti facebook dan memanfaatkan OLX serta Niaga karna dalam mempromosikannya secara gratis. konsumen ini sendiri mengetahuai jual-beli mobil ini adalah di media sosial seperti facebook dan promosi iklan secara gratis seperti OLX.

Kesimpulan

Untuk penjualan dan konsumen yang membeli  mobil akan berpengaruh pada bulan-bulan tersebut. harga dipasaranpun sangat berpengaruh terhadap minat daya beli konsumen





Tidak ada komentar:

Posting Komentar