I. Introduksi
Rokok adalah silinder
dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung
negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah
dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar
asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok dan Perokok bukan
hal yang baru di dunia ini, tetapi telah ada sejak lama. Di Indonesia, rokok sudah
menjadi barang yang tidak asing dan sangat mudah untuk didapatkan. Dalam
kehidupan sehari-hari keberadaan rokok dapat dijumpai di hampir setiap
toko-toko atau warung dan supermarket. Begitu juga dengan para pengguna rokok,
dapat membeli rokok dan menggunakannya secara bebas. Bahkan tidak sedikit para
perokok tidak mau mengindahkan larangan merokok di beberapa tempat, seperti di
angkutan umum.
Berdasarkan data
Riskesdas 2010 diketahui sekitar 34,75 dari 82 juta jiwa penduduk Indonesia
merupakan perokok aktif.
Berdasarkan fenomena
diatas, penelitian ini akan melihat jawaban merk rokok yang paling banyak
digunakan serta memilih rokok tersebut ada faktor.
II. Tujuan
Tujuan penelitian yang dilakukan ini ingin mengetahui alasan terpenting dalam
memilih merek rokok dan merk rokok yang paling banyak diminati. Sehingga
penelitian ini juga dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi para penjual
rokok bahkan perusahaan rokok untuk mengetahui posisi produknya dalam pasar.
III. Metodologi Penelitian
a. a,Teknik
Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada
penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah Sorowajan, Gowok. Teknik
pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan
60 responden sebagai sampel.
b. b. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti
adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk
mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih tinggal di daerah Sorowajan,
Gowok.
c. c.Tempat
dan Waktu Riset
Riset dilakukan di Banguntapan,Jalan
Sorowajan daerah Gowok, Yogyakarta-Sleman. Waktu riset pada tanggal 19 Maret 2015.
IV.Hasil Riset
Kesimpulan : dari analisis yang telah dijelaskan
maka kita akan mengetahui bahwa yang banyak mengkonsumsi rokok adalah mahasiswa
dengan presentase 92,59 dan kebanyakn berjenis kelamin laki-laki serta merk rokok
yang sering digunakan adalah gudang
garam dengan persentase 29,63% serta pertanyaanmengapa anda memilih rokok tersebut?
Memperoleh persentase tertinggi yaitu
38,89% menjawab karena memberikan kepuasan, selanjutnya responden dengan
pertanyaan apakah anda membeli rokok
tersebut karena iklan menarik?
Memperoleh persentase yang tertinggi yaitu
92,59% dengan jawaban tidak .
Sumber : http://repository.upi.edu/2871/4/S_PSI_0901178_Chapter1.pdf
Untuk mengetahui merek yg pling diminati . komposisi jenis klamin, usia, dari mana tau rokok tersebut.tidak perlu dilakukan karena kurang menjawab tujuan awal. Cukup dengan minat(seberapa sering mengkonsumsi), merek yg paling sering dikonsumsi.
BalasHapus