Senin, 06 April 2015

Perilaku Konsumen Dalam Memilih Merk Rokok


I. Introduksi

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok dan Perokok bukan hal yang baru di dunia ini, tetapi telah ada sejak lama. Di Indonesia, rokok sudah menjadi barang yang tidak asing dan sangat mudah untuk didapatkan. Dalam kehidupan sehari-hari keberadaan rokok dapat dijumpai di hampir setiap toko-toko atau warung dan supermarket. Begitu juga dengan para pengguna rokok, dapat membeli rokok dan menggunakannya secara bebas. Bahkan tidak sedikit para perokok tidak mau mengindahkan larangan merokok di beberapa tempat, seperti di angkutan umum.
Berdasarkan data Riskesdas 2010 diketahui sekitar 34,75 dari 82 juta jiwa penduduk Indonesia merupakan perokok aktif.
Berdasarkan fenomena diatas, penelitian ini akan melihat jawaban merk rokok yang paling banyak digunakan serta memilih rokok tersebut ada faktor.

II. Tujuan

Tujuan penelitian yang dilakukan ini ingin mengetahui alasan terpenting dalam memilih merek rokok dan merk rokok yang paling banyak diminati. Sehingga penelitian ini juga dapat digunakan sebagai refensi dan acuan bagi para penjual rokok bahkan perusahaan rokok untuk mengetahui posisi produknya dalam pasar.

III. Metodologi Penelitian

a.   a,Teknik Pengambilan Sampel
Sampel responden yang dijadikan pada penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah Sorowajan, Gowok. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah random sampling dengan 60 responden sebagai sampel.

b.  b. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dipilih peneliti adalah dengan kuesioner, kuesioner dianggap memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data mengingat sampel yang dipilih tinggal di daerah Sorowajan, Gowok.

c.   c.Tempat dan Waktu Riset
Riset dilakukan di Banguntapan,Jalan Sorowajan daerah Gowok, Yogyakarta-Sleman. Waktu riset pada tanggal 19 Maret 2015. 

IV.Hasil Riset

















Kesimpulan : dari analisis yang telah dijelaskan maka kita akan mengetahui bahwa yang banyak mengkonsumsi rokok adalah mahasiswa dengan presentase 92,59 dan kebanyakn berjenis kelamin laki-laki serta merk rokok yang sering digunakan adalah  gudang garam dengan persentase 29,63% serta  pertanyaanmengapa anda memilih rokok tersebut? Memperoleh  persentase tertinggi yaitu 38,89% menjawab karena memberikan kepuasan, selanjutnya responden dengan pertanyaan apakah anda membeli rokok tersebut karena iklan menarik? Memperoleh  persentase yang tertinggi yaitu 92,59% dengan jawaban tidak .

Sumber : http://repository.upi.edu/2871/4/S_PSI_0901178_Chapter1.pdf


1 komentar:

  1. Untuk mengetahui merek yg pling diminati . komposisi jenis klamin, usia, dari mana tau rokok tersebut.tidak perlu dilakukan karena kurang menjawab tujuan awal. Cukup dengan minat(seberapa sering mengkonsumsi), merek yg paling sering dikonsumsi.

    BalasHapus