Analisis Perilaku Konsumen saat nongkrong
di Studio Kopi Babarsari
Apa
yang dimaksutdenganperilakukonsumen? Perilakukonsumenadalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,
pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produkdan jasademi
memenuhi kebutuhandan keinginan. Perilaku konsumenmerupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan
dilakukan dengan pertimbanganyang matang. Dalam ilmuekonomidikatakanbahwamanusiaadalahmakhlukekonomi
yang selalu berusaha memaksimalkan kepuasannya dan selalu bertindak rasional.
Para
konsumen akan selalu memaksimalkan kepuasannya selama kemampuan finansialnya memungkinkan.
Mereka memiliki pengetahuan tentang alternatif produk yang
dapat memuaskan kebutuhan mereka(marginal utility) yang
diperoleh dari pembelian produk masih lebih besar atau sama dengan biaya yang
dikorbankan, orang-orang akan membeli suatu produk (BilsonSimamora).
Nongkrongsendiridiartikan
pula kegiatanberkumpul di suatutempat di rumah,tempatumumbahkanbisa di
pinggirjalan yang dilakukansendiriatauberamai-ramai. Akan
tetapi dikalangan anak muda era
sekarang nongkrong sendiri diartikan kegiatan dimanaterjadinyakontak social,
adanyakomunikasi yang dilakukanlebihdariduaorang(beramai-ramai) dilakukanditempatumumseperti
di tempatmakanfoodcourtdan café.
Dari penjelasan-penjelasan di
atas peneliti akan memaparkan dan juga menjelaskan tentang perilaku konsumen perilaku mereka ketika berada
di tempat nongkrong yang mereka pilih.
II.
TujuandanManfaatPenelitian
a.
Tujuan
Penelitian ini di
maksutkan bahwa untuk mengetahui perilaku konsumen tentang mengapa kosumen tersebut memilih tempat nongkrong tersebut.Disini juga akan
di kaitka nfaktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen mengapa konsumen memiih tempat nongkrong tersebut(temandan
internet).
b.
Manfaat
Penelitianinidlakukandigunakansebagaireferensibagitempatnongkrong
yang dpiliholehkonsumentersebut agar
tempatnongkrongtersebutdapatmengembangkanmengembangkanlagiusahanyadanmenjadikankenyamankualitaskonsumen
yang di utamakan.
III.
KERANGKA
TEORI
Perilakukonsumenadalah proses dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasian produkdan jasademi memenuhi kebutuhandan
keinginan. Perilaku konsumenmerupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk
membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang
berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan
dilakukan dengan pertimbanganyang matang.
Dalamilmuekonomidikatakanbahwamanusiaadalahmakhlukekonomi yang
selaluberusahamemaksimalkankepuasannyadanselalubertindakrasional. Para
konsumenakanselalumemaksimalkankepuasannyaselamakemampuanfinansialnyamemungkinkan. Merekamemilikipengetahuantentangalternatifproduk
yang dapatmemuaskankebutuhanmereka(marginal utility) yang
diperolehdaripembelianprodukmasihlebihbesaratausamadenganbiaya yang
dikorbankan, orang-orang akanmembelisuatuproduk (BilsonSimamora).
IV.
METODE
PENELITIAN
1.
JenisPenelitian
Jenispenelitian yang
digunakanadalahkuantitatifsurvei.Denganjenispenelitiantersebutdapatmemudahkanpenelitiuntukmelakukanpengambilansampel,
pengambilan data
untukmencaripendapattentangperilakukonsumenmengapamemilihtempatnongkrongtersebut.
2.
ObyekdanSubyekPenelitian
Obyekpenelitianinimemfokuskandimanatempatnongkrong
yang berada di kawasanBabarsari yang sekitarnyadekatdengankampus-kampus yang
tempatnyasangatstrategisdanmudahdicariyaituwarung kopi yang bernama Studio
Kopi.Subyekpenelitianyaituparakonsumen yang membelidannongkrong di Studio Kopi
tersebut.
3.
TeknikPengumpulan
Data
Teknikpengumpulan data
dalampenelitianiniadalahdenganmenyebarkankuisioner.Denganpengumpulan data
menyebarkankuisionerpenelitidenganmudahmendapatkaninformasi data-data yang
diinginkanolehpenelitiuntukmengetahuiresponkonsumenmengapamemilihtempatnongkrong
di Studio Kopi tersebut.
V.
Penyajian
Data danHasil
1.
Lokasi
No
|
Kreteria
|
Penilaian
|
|||||
|
|||||||
1.
|
Apakahlokasiinimudah
di jangkauatau di temukan ?
|
ü
|
|||||
2.
|
Apakahlokasiinidapatdicarimelalui GPS ?
|
ü
|
|||||
3.
|
Apakahlokasiinistrategis ?
|
ü
|
2.
Pelayanan
No
|
Kriteria
|
Penilaian
|
|||||
|
|||||||
1.
|
Apakahpelayanan
di Studio Kopiinisudahbaik ?
|
ü
|
|||||
2.
|
Apakahandasudahpahamdenganketentuanpemesanan
di Studio Kopi ini?
|
ü
|
|||||
3.
|
Apakahandasudahmerasapuasdenganpelayanan
(keseluruhan ; server, barista, kasir) di Studio Kopi ini?
|
ü
|
4.
Produk
No
|
Kriteria
|
Penilaian
|
|||||
|
|||||||
1.
|
Apakah
menu nama makanan dan minumandisini(Studio Kopi) jugasering anda
jumpaiditempatlain ?
|
ü
|
|||||
2.
|
Menurut anda apakah nama makanan dan minumandisini(Studio
Kopi) mudahdipahami ?
|
ü
|
|||||
3.
|
Apakahpilihan/varian
menu makanan dan minumandisini(Studio Kopi) sudahcukupbanyak ?
|
ü
|
Keterangan :
SS :Sangatsetuju
S :Setuju
C :Cukup
TS :Tidaksetuju
STS :Sangattidaksetuju
4.
Keseringankonsumenberkunjung
No
|
Kriteria
|
Penilaian
|
|||
|
|||||
1.
|
Dalam
1minggu berapa kali andanongkrong di Studio Kopi ini ?
|
ü
|
|||
2.
|
Dalam 1bulan apakahapakahbisadihitungberapa
kali nongkronganda di Studio Kopi ini?
|
ü
|
|||
3.
|
Apabilajarak
studio kopi dekatdenganrumah/kos-kosan yang andatinggaliapakahandaakannongkrong
di Studio Kopi?
|
ü
|
Keterangan
SS : Sangat sering
S : Sering
J : Jarang
VI.
Kesimpulan
Dari olah data diatas konsumen
memilih tempat nongkrong di studio kopi dikarena alasan yang beraneka ragam.
Ada yang karena letak strategis, pelayanan baik, produk makanan dan minuman
yang bervariasi.
VII.
Daftar Pustaka
Bilson Simamora. (2000).
“Panduan Riset Perilaku Ekonomi.” Freddy Rangkuti.(1997). “Riset Pemasaran.”
Christine Daymon&Immy Holloway. (2002). “Metode-Metode Penelitian
Kualitatif dalam Public Relations.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar